Home » Aksesoris HP » Rekomendasi Aksesoris HP Terbaik untuk Vlog 2021

Rekomendasi Aksesoris HP Terbaik untuk Vlog 2021

Saat ini teknologi kamera HP sudah berkembang pesat dan maju. Dan juga semakin banyak orang yang menggunakan HP mereka sebagai perangkat vlogging. Hal itu dikarenakan HP lebih nyaman dipakai dan tidak terlalu mencuri perhatian banyak orang. Tetapi karena sebagian besar HP tidak dibuat khusus untuk vlogging maka ada banyak aksesoris tambahan yang dibuat untuk membantu kebutuhan vlogging. Berikut adalah daftar aksesoris kamera HP (smartphone) terbaik untuk vlog.

Power Bank

aksesoris vlog portable charger
sumber: wondershare.com

Pemakain untuk aktivitas vlog pasti akan menggunakan lebih banyak sumber daya. Jika kamu berencana untuk membuat vlog sepanjang hari dengan HP kamu maka kamu perlu power bank untuk mengisi baterai lagi. Salah satu power bank yang bisa kamu pilih yaitu RAVPower yang memiliki jajaran power bank yang bagus dengan beberapa input USB yang memiliki daya total lebih dari 20.000 mAh. Dengan jumlah daya tersebut, kamu bisa mengisi penuh HP kamu lebih dari 6 kali.

Tripod

aksesoris vlog tripod mount
sumber: wondershare.com

Aksesoris lain untuk vlog adalah dudukan tripod yang dapat membantu kamu dengan menopang HP kamu selama proses mengambil vlog. Salah satu tripod portable yang bisa kamu coba adalah dudukan tripod Arkon. Tripod ini tidak hanya memiliki kaki yang dapat ditekuk, seperti tripod Joby GorillaPod yang lebih mahal, tetapi juga dilengkapi dengan dudukan smartphone. Hal terbaik lainnya dari tripod Arkon ini adalah dudukan HP-nya dapat diputar sehingga kamu dapat memposisikan HP kamu untuk merekam film dalam mode layar lebar atau portrait.

Anti-Gravity Case

aksesoris vlog anti gravity case
sumber: wondershare.com

Casing anti-gravitasi sangat berguna jika digunakan untuk permukaan datar yang tidak dapat memakai dudukan tripod Arkon. Salah satu aksesoris yang bisa kamu coba adalah Mega Tiny Anti-Gravity Case. Casing ini berfungsi untuk menahan iPhone atau HP Android kamu dalam satu posisi tetap. Selain itu, casing ini dapat menempel di kaca, cermin, logam, dan lainnya.

Selfie Ring Light

aksesoris vlog selfie ring light
sumber: wondershare.com

Meskipun teknologi kamera HP kini sudah maju, tetapi kamera HP masih kurang jika dipakai untuk merekam video dalam kondisi kurang cahaya. Dalam kondisi kurang cahaya atau redup, rekaman kamu akan sangat buram karena HP kamu hanya dilengkapi dengan sensor kamera yang kecil (untuk menjaga ukuran HP tetap kecil). Aksesoris yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan lebih banyak cahaya adalah lampu cincin selfie.

Salah satu contoh aksesoris ini adalah FLII Selfie Ring Light. Lampu cincin ini bisa menjepit HP kamu dan memancarkan cahaya putih netral. Kamu dapat menjepitkan lampu ini ke kedua sisi HP kamu, tergantung kamu ingin menggunakan kamera belakang atau kamera depan.

Directional Microphone

aksesoris vlog microphone
sumber: wondershare.com

Mikrofon yang sudah terpasang di HP kamu sama sensitifnya terhadap suara yang berasal dari belakang HP dan suara dari depan HP. Ini bisa jadi masalah ketika kamu sedang mencoba membuat vlog dalam mode selfie saat ada suara kencang di sisi lain. Aksesoris HP yang dapat meningkatkan suara yang direkam dari HP dalam situasi seperti itu adalah directional microphone.

Salah satu aksesoris yang bisa kamu coba adalah RODE VideoMic Me. Directional microphone mini ini bisa dihubungkan langsung ke jack headphone HP kamu. Dalam kondisi berangin, aksesoris ini berfungsi dengan baik untuk meminimalkan kebisingan dari angin. Dalam kondisi dalam ruangan yang sunyi di mana kamu adalah satu-satunya orang yang berbicara, aksesoris ini tidak lebih baik dari mikrofon internal ponsel kamu.

Lensa

aksesoris vlog lens set
sumber: wondershare.com

Aksesoris lain yang bisa membantu kamu dalam merekam vlog adalah perlengkapan lensa tambahan. Salah satunya yang bisa kamu coba adalah Aukey Optic 3-in-1 Smartphone Lens Set. Set lensa ini dapat kamu jepit ke smartphone kamu sehingga kamu dapat melakukan vlog pada focal length yang berbeda. Set lensa 3-in-1 ini dilengkapi dengan lensa wide-angler, lensa fisheye, dan lensa macro. Penjepit yang disediakan juga cukup panjang untuk bisa dipasang di kamera HP apa pun.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari lensa ini, kamu harus menggunakannya tanpa casing pelindung di HP kamu. Meskipun kamu bisa menggunakan set lensa ini pada kamera depan ponsel atau kamera depan, rangka logam lensa ini kemungkinan akan muncul dalam rekaman kamu saat menggunakannya dengan kamera depan.

Filmmaking Rig

aksesoris vlog filmmaking grip twist grip system
sumber: wondershare.com

Aksesoris lain untuk vlog yaitu filmmaking rig. Aksesoris ini seperti perlengkapan kamera yang terdiri dari peralatan suara, pencahayaan, dan alat untuk menopang kamera. Kamu cukup memasang HP kamu di aksesoris ini dan urusan seperti suara dan cahaya bisa memanfaatkan bagian dari aksesoris ini. Salah satu yang bisa kamu coba adalah Manfrotto TwistGrip System. Kelebihan dari TwistGrip System ini adalah bersifat portable di mana tiga bagiannya yang saling terhubung bisa dilepas untuk menghemat ruang.

Gimbal

aksesoris vlog gimbal stabilizer
sumber: wondershare.com

Aksesoris gimbal ini sangat efektif dalam membantu kamu merekam video dengan lancar. Aksesoris gimbal yang bisa kamu coba adalah Zhiyun Smooth-Q 3-Axis Handheld Gimbal Stabilizer. Aksesoris ini hadir dilengkapi dengan sebuah aplikasi yang dapat mengatur gimbal ini untuk geser dan berputar dengan mulus dari posisi awal ke posisi akhir, memberi kamu kesempatan untuk merekam video time lapse yang indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *