Home » Kamera » Kamera Terbaik untuk YouTube di Tahun 2021

Kamera Terbaik untuk YouTube di Tahun 2021

Jika kamu berencana untuk membuat channel YouTube, kamu mungkin membutuhkan kamera terbaik untuk YouTube. Ada banyak pilihan berbeda yang cocok untuk membuat suatu video. Untuk memutuskan kamera mana yang terbaik untuk YouTube, kamu harus memikirkan apa yang akan kamu rekam, apakah itu ulasan produk, vlog perjalanan, atau yang lainnya.

DSLR merupakan pilihan kamera yang kokoh dan tahan cuaca, tetapi juga berat, dan cenderung tidak memiliki fitur video terbaru yang ditemukan di kamera mirrorless yang lebih kecil dan lebih ringan. Kedua jenis kamera ini menggunakan lensa yang dapat diganti, yang meningkatkan fungsinya tetapi juga menambah biaya. Untuk sesuatu yang lebih sederhana, kamu mungkin ingin mempertimbangkan kamera saku dengan lensa tetap. Beberapa kamera membanggakan sistem pemfokusan yang lebih canggih dan fitur yang berguna untuk vlogging.

Jika kamu ingin membuat video di YouTube, kamu bisa menggunakan aplikasi edit video terbaik untuk YouTube supaya hasilnya semakin maksimal. Berikut adalah rekomendasi kamera terbaik untuk YouTube di tahun 2021 yang sesuai kebutuhanmu.

Canon PowerShot G7 X Mark III

Canon PowerShot G7 X Mark III
sumber: creativebloq.com

Jika kamu menginginkan kamera untuk YouTube yang kuat, terjangkau, nyaman, dan mudah digunakan, Canon PowerShot G1 X Mark III memenuhi semua hal itu. Ini adalah kamera ringkas, dengan lensa 24-100mm f/1.8-2.8 yang cepat dan serbaguna yang memberi kamu fleksibilitas untuk memotret.

Kamera Canon ini dapat menghasilkan video 4K UHD dengan tampilan luar biasa pada 30p, meskipun ada batas waktu 10 menit untuk rekaman berkualitas tinggi. Kamera ini memiliki kemampuan live streaming, sehingga kamu dapat mengaturnya untuk disiarkan langsung ke YouTube. Ada juga input mikrofon 3,5 mm yang penting untuk memastikan video kamu terdengar sebagus tampilannya. Secara keseluruhan, kamera ini kemungkinan akan menjadi kamera terbaik untuk YouTube bagi pengguna pemula atau menengah yang menginginkan perangkat yang solid dan andal untuk merekam video.

Panasonic Lumix GH5S

Panasonic Lumix GH5S
sumber: creativebloq.com

Meskipun sudah ada selama beberapa tahun sampai sekarang, Panasonic Lumix GH5S masih menawarkan beberapa spesifikasi video terbaik. Sensor multi-aspect kamera ini memungkinkan kamu memotret pada rasio aspek yang berbeda dengan mudah, termasuk dalam format Cinema 4K 17:9 yang lebih luas. Ini juga memiliki Dual Native ISO, teknologi kompleks yang pada dasarnya menawarkan video yang lebih bersih dengan lebih sedikit noise.

Ergonomisnya yang kokoh seperti DSLR membuat GH5S menyenangkan untuk dipakai. Ini tidak memiliki batas waktu perekaman, sehingga kamu dapat memotret sepuasnya, dan dengan fitur-fitur seperti 10-bit 4K footage dan 10x slow-motion dalam Full HD, ini adalah alat yang sangat mumpuni yang dapat menghasilkan konten yang bagus untuk channel YouTube kamu.

Sony A6000

Sony A6000
sumber: creativebloq.com

Jajaran Sony A6000 telah berkembang menghasilkan banyak model, tetapi yang asli masih ada berkat popularitasnya yang terus ada, dan tersedia dengan harga yang terjangkau sehingga layak untuk dipertimbangkan jika kamu memiliki anggaran yang terbatas. Meskipun kamera ini tidak memiliki fitur video 4K, tetapi Sony Alpha 6000 memiliki fondasi yang kokoh dalam bentuk sensor APS-C 24MP dan prosesor yang mumpuni dengan 179 titik sistem autofocus.

Dengan Sony E-mount-nya, memungkinan kamera bisa memiliki banyak pilihan lensa hebat. Adanya kamera ini berarti kamu tidak selalu membutuhkan perangkat terbaru dan paling mencolok untuk menghasilkan video berkualitas untuk YouTube. Terkadang ada nilai yang lebih baik yang bisa ditemukan di perangkat lama.

Sony ZV-1

Sony ZV-1
sumber: creativebloq.com

Banyak kamera compact dan mirrorless Sony di masa lalu yang mengutamakan foto, dengan video sebagai tambahan, tetapi Sony ZV1 bergeser ke arah lain. Kamera ini dirancang khusus dengan mempertimbangkan kebutuhan vlogging, sehingga dilengkapi dengan banyak fitur video praktis sebagai standar. Salah satu fitur yang sangat berguna untuk membuat video YouTube adalah on-board directional microphone, yang akan menghilangkan kebutuhan untuk membeli mikrofon tambahan.

Menjadi salah satu kamera Sony yang lebih baru, kamera ini menawarkan autofocus terbaik di kelasnya, dan juga memiliki beberapa mode otomatis yang dirancang untuk merampingkan proses pengambilan video, menjadikannya kamera yang hebat bagi siapa saja yang mulai membuat video untuk YouTube.

GoPro Hero9 Black

GoPro Hero9 Black
sumber: creativebloq.com

Kamu mungkin sudah tahu apa itu GoPro. Action camera paling populer yang kokoh dan tahan air. Jika channel YouTube kamu menampilkan petualangan bawah air atau aksi ekstrem, GoPro Hero9 Black adalah kamera yang cocok untuk kamu.

Kamera Hero 9 Black ini sudah diperbarui untuk bersaing dengan lawannya seperti DJI Osmo Action dengan menampilkan layar depan yang berguna untuk membuat vlogging lebih mudah, serta stabilisasi gambar terdepan di kelasnya untuk merekam video yang halus dalam kondisi ekstrem. Hero 9 Black adalah pilihan yang cocok untuk video travel, terutama jika kamu menginginkan kamera yang bisa dipakai saat melakukan skydiving atau menempelkannya di bagian depan sepeda gunung.

Blackmagic Pocket Cinema Camera 6K

Blackmagic Pocket Cinema Camera 6K
sumber: creativebloq.com

Kamera dari Blackmagic terkenal di kalangan pembuat film sebagai perangkat run-and-gun yang sangat baik, menghasilkan rekaman hebat senyaman mungkin. Blackmagic Pocket Cinema Camera 6K memiliki sensor Super 35 yang besar dan kemampuan untuk mengambil video 6K Raw footage pada 60fps, membuatnya menjadi pilihan yang bagus untuk menghasilkan video YouTube yang menonjol.

Kamera ini menggunakan Canon EF mount, sehingga dapat memakai salah satu dari berbagai macam lensa Canon yang ditawarkan. Ini adalah kamera kelas profesional dengan harga yang jauh lebih bersahabat.

Canon EOS 90D

Canon EOS 90D
sumber: creativebloq.com

EOS 90D merupakan salah satu kamera yang populer di kalangan YouTuber. Canon EOS 90D dirancang untuk mengutamakan kebutuhan pengambilan video. Kamera ini menawarkan fitur video 4K, port mikrofon dan headphone, Full HD hingga 120p, dan banyak lagi keunggulan lainnya untuk video YouTube. EOS 90D memiliki warisan DSLR-nya. Itu berarti lebih tebal dan lebih berat daripada kamera lainnya, tetapi juga tahan cuaca.

DJI Osmo Pocket

DJI Osmo Pocket
sumber: creativebloq.com

Jika kamu akan membuat konten video untuk YouTube saat bepergian, biasanya kamu perlu memasang gimbal genggam ke kameramu untuk memastikan rekaman tetap lancar dan stabil. Pilihan lainnya adalah kamu bisa membeli gabungan kamera dan gimbal seperti DJI Osmo Pocket. Kamera kecil yang ringkas ini cocok untuk penggunaan saat travel karena dapat dibawa ke mana saja, dan dapat diandalkan untuk menghasilkan video yang halus di hampir semua situasi berkat three-axis gimbalnya.

Kualitasnya sangat tinggi untuk kamera semacam ini, dengan rekaman 4K 60p menjadikannya sejajar dengan action camera terbaik. Suaranya mungkin perlu ditingkatkan, tetapi masih merupakan pilihan yang bagus untuk vlogging selama travel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *