Home » HP Samsung » Oppo Find X3 Pro vs Samsung Galaxy S21 Ultra: Mana HP Kamera Terbaik?

Oppo Find X3 Pro vs Samsung Galaxy S21 Ultra: Mana HP Kamera Terbaik?

Oppo Find X3 Pro adalah salah satu pesaing terbesar dari Samsung Galaxy S21 Ultra. Ponsel Oppo ini sangat kuat, memiliki spesifikasi dan fitur kelas atas, dan bahkan memiliki kamera lensa mikro yang tidak akan kamu temukan di ponsel lain. Jadi apakah itu bisa mengalahkan Samsung Galaxy S21 Ultra? Mungkin tidak dalam segala hal, tetapi bagi sebagian orang itu pasti bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

Oppo Find X3 Pro vs Samsung Galaxy S21 Ultra
sumber: techradar.com

Berikut adalah perbandingan Oppo Find X3 Pro dan Samsung Galaxy S21 Ultra berdasarkan desain, tampilan, kamera, daya tahan baterai, spesifikasi, dan fitur.

Desain

Oppo Find X3 Pro memiliki kaca belakang dan metal frame, dengan bagian belakang yang sebagian besar cukup polos kecuali tonjolan kamera, yang berada di sudut kiri atas. Di bagian depan, Find X3 Pro memiliki layar sedikit melengkung dengan bezel kecil, dan kamera berlubang di sudut kiri atas.

Desain Oppo Find X3 Pro
sumber: techradar.com

Samsung Galaxy S21 Ultra juga memiliki kaca belakang dan metal frame, dan blok kameranya juga berada di sudut kiri atas, tetapi lebih besar dari Find X3 Pro. Ini juga punya bentuk yang berbeda, menjadi lebih persegi panjang dari persegi.

Galaxy S21 Ultra juga memiliki layar melengkung dengan bezel kecil, namun kamera punch-hole-nya diposisikan di tengah atas. Jadi desain kedua ponsel ini berbeda, tapi tidak drastis.

Desain Samsung Galaxy S21 Ultra
sumber: techradar.com

Kedua ponsel ini memiliki IP68 rating yang tahan debu dan air, tetapi keduanya memiliki dimensi dan bobot yang berbeda, dengan Oppo Find X3 Pro hadir dengan ukuran 163,6x74x8,3mm dan 193g, sedangkan Samsung Galaxy S21 Ultra adalah 165,1×75,6×8,9mm dan 227g. Jadi ponsel Samsung sedikit lebih besar dan lebih tebal, dan secara signifikan lebih berat.

Sementara Oppo Find X3 Pro hadir dalam warna Gloss Black atau Blue, Galaxy S21 Ultra tersedia dalam warna Phantom Black, Phantom Silver, Phantom Titanium, Phantom Navy dan Phantom Brown, sehingga lebih banyak pilihan warna dengan ponsel Samsung.

Tampilan

Oppo Find X3 Pro memiliki layar AMOLED 6,7 inci 1440×3216 dengan refresh rate 120Hz, dukungan HDR10+, 525 piksel per inci, dan kecerahan maksimum 1300 nits.

Sementara itu Samsung Galaxy S21 Ultra memiliki layar AMOLED 6,8 inci 1440×3200 dengan refresh rate 120Hz, dukungan HDR10+, 515 piksel per inci, dan kecerahan maksimum 1500 nits.

Layar Samsung Galaxy S21 Ultra
sumber: techradar.com

Jadi keduanya adalah layar yang sangat mirip. Keduanya melengkung, memiliki resolusi yang hampir sama, dan fitur serupa. Galaxy S21 Ultra sedikit lebih besar dan lebih cerah, tetapi perbedaannya dapat diabaikan.

Oppo Find X3 Pro memang memiliki beberapa fitur tampilan yang dapat memberikan sedikit keunggulan. Salah satunya dapat menampilkan satu miliar warna, mencakup lebih dari 100% DCI-P3 color gamut, yang sedikit lebih banyak daripada Galaxy S21 Ultra.

Ini juga memiliki ‘Full-Path Color Management System’, yang memastikan gambar dan video tidak dikompresi atau diubah terlalu banyak antara sumbernya dan saat ditampilkan di layar. Dalam praktiknya, kedua ponsel memiliki tampilan yang sangat baik.

Kamera

Kamera adalah fokus utama dari kedua ponsel ini, tetapi keduanya memiliki beberapa lensa yang sangat berbeda. Oppo Find X3 Pro memiliki kamera utama 50MP f/1.8, telefoto 13MP f/2.4 (dengan 3x optical zoom, 5x hybrid zoom, dan 20x digital zoom), 50MP f/2.2 ultra-wide, dan 3MP f/3.0 mikrolensa.

Yang terakhir bekerja sedikit seperti mikroskop, memungkinkan kamu memperbesar hingga 60x pada objek close-up untuk close-up ekstrim dengan tingkat detail yang tidak dapat dilihat oleh mata manusia sendiri.

Kamera Oppo Find X3 Pro
sumber: techradar.com

Samsung Galaxy S21 Ultra di sisi lain memiliki kamera utama 108MP f/1.8, kamera ultra-wide 12MP f/2.2, lensa telefoto 10MP f/2.4 (dengan zoom optik 3x), dan lensa periskop 10MP f/4.9. (dengan zoom optik 10x dan zoom digital hingga 100x).

Jadi Galaxy S21 Ultra jauh lebih baik untuk memperbesar subjek yang jauh daripada Oppo Find X3 Pro, tetapi tidak memiliki kemampuan lensa mikro di ponsel Find X3 Pro.

Samsung Galaxy S21 Ultra juga memungkinkan kamu merekam video dengan kualitas hingga 8K, sedangkan Oppo Find X3 Pro memiliki resolusi 4K. Ponsel Samsung ini juga memiliki kamera depan 40MP f/2.2, sedangkan untuk ponsel Oppo memiliki kamera depan 32MP f/2.4.

Daya Tahan Baterai

Ada baterai 4.500mAh di dalam Oppo Find X3 Pro, yang mendukung fast charging 65W, wireless charging 30W, dan reverse wireless charging 10W. Dan itu hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk mengisi baterai dari kosong hingga penuh.

Samsung Galaxy S21 Ultra memiliki baterai 5.000mAh yang lebih besar, tetapi hanya mengisi daya 25W, wireless charging 15W, dan reverse wireless charging 4,5W, sehingga perlu waktu lebih lama untuk mengisinya.

Spesifikasi dan Fitur

Oppo Find X3 Pro memiliki chipset Snapdragon 888 kelas atas dan RAM 12GB, sedangkan Samsung Galaxy S21 Ultra memiliki Exynos 2100 yang kuat dan RAM 12GB atau 16 GB. Untuk RAM, ponsel Samsung ini lebih unggul.

Untuk penyimpanan, ada 256GB di Oppo Find X3 Pro, dan pilihan 128GB, 256GB, atau 512GB di Samsung Galaxy S21 Ultra. Jadi ponsel Samsung juga memiliki keunggulan untuk penyimpanan, setidaknya untuk model teratas. Tidak ada ponsel yang memiliki slot kartu microSD, jadi ada baiknya mempertimbangkan berapa banyak yang mungkin kamu butuhkan.

Kedua ponsel juga mendukung 5G, memiliki pemindai sidik jari di layar, dan menggunakan Android 11. Tetapi pada Galaxy S21 Ultra ini dilengkapi dengan Samsung One UI, sedangkan pada Find X3 Pro dilengkapi dengan ColorOS Oppo. Ini mempengaruhi tampilan dan beberapa fitur, tetapi keduanya bagus, dan faktor utamanya adalah sistem operasi yang sama pada keduanya.

Samsung Galaxy S21 Ultra dengan Stylus
sumber: techradar.com

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah Samsung Galaxy S21 Ultra mendukung stylus S Pen dari Samsung. Ini dijual terpisah, tetapi akan menjadi aksesori yang berguna bagi sebagian orang, sedangkan Oppo Find X3 Pro tidak ada.

Kesimpulan

Oppo Find X3 Pro dan Samsung Galaxy S21 Ultra adalah dua ponsel kelas atas dan harga tinggi dan keduanya sama-sama ponsel terbaik juga.

Spesifikasi layar keduanya juga mirip, memiliki build premium yang sama, jumlah daya yang sama, dan perangkat lunak serupa.

Perbedaan utama termasuk kamera, di mana pilihannya antara lensa telefoto yang panjang (pada Samsung Galaxy S21 Ultra) dan kemampuan untuk mengambil jarak dekat yang ekstrem (dengan Oppo Find X3 Pro).

Kamu juga bisa mendapatkan baterai yang lebih besar dengan S21 Ultra, tetapi pengisian lebih cepat dengan Find X3 Pro, dan meskipun Samsung Galaxy S21 Ultra mendukung stylus, kamu harus membelinya secara terpisah dan harga ponselnya sendiri lebih mahal daripada Oppo Find X3 Pro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *