Home » HP Samsung » Review dan Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Ultra

Review dan Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Ultra

Galaxy S21 Ultra yang baru adalah ponsel baru Samsung dengan lebih banyak kamera, spesifikasi yang lebih kuat, dan bahkan kompatibilitas S Pen untuk melampaui Note 20 Ultra yang sangat disukai.

Samsung Galaxy S21 Ultra
sumber: techradar.com

Ini adalah ponsel Samsung yang dilengkapi dengan lima kamera yang terdiri dari sensor utama 108MP, dua kamera telefoto, 100x zoom dan selfie 40MP, ditambah 5G, daya tahan baterai sepanjang hari dan RAM hingga 16GB. Semuanya dikemas dalam ponsel Android dengan layar Quad HD 120Hz 6,8 inci dan sensor sidik jari dalam layar yang memiliki luas permukaan 1,7x lebih besar daripada yang ada di ponsel tahun lalu.

Samsung telah melengkapi kembali kamera utamanya dengan laser untuk memperbaiki masalah autofocus pada Galaxy S20 Ultra , dan juga upgrade spesifikasi untuk memenuhi tuntutan pemrosesan foto 108MP, selfie 40MP, dan video 8K.

Desain dan Tampilan

Galaxy S21 Ultra adalah salah satu smartphone yang tampak cantik yang sedemikian rupa. Memiliki pilihan warna seperti Phantom Black, Phantom Silver, Phantom Titanium, Phantom Navy, dan Phantom Brown.

Apa pun warna yang kamu pilih, hasil akhir matte masing-masing merupakan peningkatan signifikan dibandingkan seri S20 tahun lalu, yang memiliki kilau reflektif yang terlihat sedikit plastik dan murah.

Tampilan Samsung Galaxy S21 Ultra
sumber: techradar.com

Baik Galaxy S21 Ultra maupun S21 Plus memiliki bagian belakang Gorilla Glass yang mulus sedangkan Galaxy S21 disematkan dengan bagian belakang polikarbonat (plastik) yang terasa kurang mulus saat disentuh.

S21 Ultra menjadi besar di tempat yang seharusnya, sambil meminimalkan semua yang tidak ingin dilihat. Misalnya, layarnya yang besar pada 6,8 inci, namun layar tepi-ke-tepi yang melengkung berarti bahwa bezel hampir tidak ada, dan kamera depan 40MP bersembunyi di balik lubang kecil yang mudah diabaikan.

Layar Galaxy S21 Ultra adalah layar pertama (di antara smartphone) Samsung yang mampu berjalan pada refresh rate 120Hz yang mulus saat dalam resolusi pixel-packing Quad HD. Seluruh seri S20 dan Note 20 Ultra memaksa kamu untuk memilih antara 120Hz/60Hz dan Quad HD/Full HD, sedangkan S21 dan S21 Plus yang baru tersedia pada Full HD+, dengan 120Hz secara default.

Untuk kecerahan layar Galaxy S20 Ultra di luar ruangan secara otomatis meningkatkan hingga 1.500 nits super terang bila diperlukan. Ponsel lain yang dilengkapi dengan layar AMOLED, seperti S21 dan S21 Plus, maksimal 1.200 nits.

Sensor sidik jari dalam layar Samsung yang didesain ulang, yang menggunakan teknologi ultrasonik milik Qualcomm, memulai debutnya di seri Galaxy S21. Ada 1,7x lebih banyak area permukaan pada bantalan biometrik yang tidak terlihat ini.

Kompatibilitas S Pen

Galaxy S21 Ultra adalah ponsel non-Note pertama Samsung yang kompatibel dengan stylus S Pen-nya. Namun tidak ada S Pen yang disertakan dengan ponsel dan, bahkan ketika melakukan pembelian terpisah, tidak ada cara untuk menyematkan stylus ke badan ponsel.

Kamera

Samsung Galaxy S21 Ultra dilengkappi dengan lima kamera dan jangkauan zoom 100x yang mengesankan.

Ini adalah 3x, 10x dan, kadang-kadang dalam kondisi pencahayaan yang baik, 30x foto zoom yang mengambil gambar dengan kejernihan yang menakjubkan. Apa yang paling membantu pada zoom 30x (dan 100x) adalah fitur tripod lock, yang mencegah gambar tidak stabil.

Kamera Samsung Galaxy S21 Ultra
sumber: techradar.com

Semua ponsel seri Galaxy S21 bisa merekam video pada 4K pada 60fps dari semua kamera, dan 8K pada 24fps. Selain itu, ada mode baru Director’s View yang dapat merekam video dengan kamera depan dan belakang secara bersamaan. Vlogger dan pembuat konten lainnya mungkin akan menyukai ini.

Spesifikasi dan Performa

Seri Galaxy S21 lebih cepat karena dua alasan yaitu debut chipset baru Exynos 2100 yang cepat dan perangkat lunaknya telah dirampingkan sedikit, dengan antarmuka OneUI 3.0 yang terus berkembang dengan Android 11.

Yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah ukuran penyimpanan internal. Perlu diketahui bahwa seri S21 tidak menyertakan slot kartu microSD untuk penyimpanan yang dapat diperluas.

Penyimpanan internal 128GB standar dengan RAM 12GB mungkin tidak cukup untuk semua orang. Kamu dapat memilih versi dengan penyimpanan 256GB dan RAM 12GB, atau memaksimalkan penyimpanan 256GB dengan RAM 16GB.

Alasan lain mengapa S21 Ultra tampak tajam adalah Samsung telah lebih merampingkan antarmuka perangkat lunaknya. Dengan antarmuka OneUI 3.0, menu sekarang membuang hal yang tidak diperlukan. Dan bisa mengaktifkan mode hemat daya.

Daya Tahan Baterai

Galaxy S21 Ultra memiliki baterai dengan kapasitas 5.000mAh. Kamu akan mendapatkan daya tahan baterai sepanjang hari jika kamu tetap menggunakan pengaturan default Samsung.

Selain itu, kamu tidak akan mendapatkan charger dengan Galaxy S21, dan kamu perlu membelinya secara terpisah. Meskipun dilengkapi dengan kabel USB-C-ke-USB, tetapi kamu mungkin akan menginginkan salah satu charger yang cepat untuk ponsel ini agar dapat mengisi daya dengan cepat pada 25W. Kamu juga dapat mengisi daya dengan cepat secara wireless hingga 15W, dan melakukan reverse charging untuk Samsung Galaxy Buds Pro atau apa pun yang bisa diisi oleh Qi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *