Home » Kamera » Rekomendasi 6 Kamera DSLR Terbaik 2021

Rekomendasi 6 Kamera DSLR Terbaik 2021

Kamera DSLR telah lama menjadi pilihan fotografer amatir dan profesional, dengan berbagai pilihan yang memenuhi hampir semua keahlian dan anggaran. Meskipun sebagian dari dominasi pasar sudah ke kamera mirrorless dalam beberapa tahun terakhir ini, kamera DSLR masih memberikan kinerja keseluruhan yang serbaguna. Berikut adalah rekomendasi pilihan kamera DSLR terbaik di tahun 2021 ini.

Kamera DSLR Terbaik untuk Fotografi Travel: Nikon D5600

Nikon D5600

Kamera APS-C ini adalah pilihan yang baik untuk fotografi travel berkat kualitas gambarnya yang mengesankan dan masa pakai baterai yang lama, yang membantu kamu mengambil banyak gambar selama di perjalanan. Dilengkapi dengan menu yang mudah digunakan, dan layar yang berguna bagi pengguna yang ingin berfoto selfie.

Dengan kualitas gambar yang luar biasa, kamera ini dapat mengambil gambar yang tajam dan detail, bahkan pada level ISO yang lebih tinggi. Ini juga memiliki rentang shutter speed yang lebar sehingga kamu memiliki fleksibilitas untuk mengambil gambar yang jelas dari subjek yang bergerak cepat serta bidikan long-exposure dari langit malam berbintang. Selain itu, sistem autofocus fotonya bekerja dengan baik untuk melacak subjek yang bergerak dan menjaganya tetap fokus.

Seperti kebanyakan kamera DSLR, kamera Nikon ini memiliki bentuk yang agak besar sehingga tidak nyaman untuk dibawa saat bepergian. Kecepatan pemotretan maksimumnya lima fps cukup lambat, yang bisa merepotkan jika kamu ingin mengambil gambar berbeda dari subjek yang bergerak cepat. Meskipun begitu, ini masih merupakan pilihan yang baik untuk fotografi ketika bepergian.

Kamera DSLR Terbaik Untuk Fotografi Landscape: Canon EOS 6D Mark II

Canon EOS 6D Mark II
sumber: rtings.com

Ini adalah kamera full-frame dengan bentuk yang kokoh dan nyaman digunakan. Kamera Canon ini memiliki kontrol khusus untuk menyesuaikan parameter eksposur dengan mudah, serta layar yang cukup terang untuk mengatasi silau dalam kondisi cerah, serta ini juga tahan cuaca.

Ini memberikan kualitas gambar yang sangat baik, dengan noise visual yang sangat sedikit bahkan pada level ISO yang lebih tinggi, yang berarti sangat cocok untuk memotret dalam cahaya rendah atau bahkan di malam hari. Kamera ini juga memiliki rentang dinamis yang luar biasa, sehingga dapat menampilkan semua detail dalam landscape. Selain itu, ini juga memiliki menu yang mudah dinavigasi, dan daya tahan baterainya lumayan tapi tetap bergantung pada penggunaan dan pilihan pengaturan.

Namun sistem autofocus-nya biasa-biasa saja, tergantung pada kondisi pemotretan, mungkin akan kesulitan menjaga subjek tetap fokus. Ini juga bukan kamera yang paling portabel, dan ukuran serta beratnya yang besar mungkin tidak nyaman untuk mengambil sesi pemotretan yang lama. Meskipun begitu, ini masih salah satu kamera DSLR terbaik untuk fotografi landscape.

Kamera DSLR Terbaik Untuk Fotografi Olahraga Dan Alam Liar: Nikon D780

Nikon D780
sumber: rtings.com

Kamera serbaguna dari Nikon ini memiliki kualitas pembuatan yang sangat baik, dengan bahan premium, kokoh, dan tombol yang memberikan feedback sentuhan yang baik. Ini cocok untuk semua jenis ukuran tangan dan genggaman, dan nyaman untuk digunakan. Dilengkapi dengan menu yang baik dan menu shortcut untuk mengakses pengaturan yang sering digunakan dengan cepat.

Sensor full-frame dari kamera ini menghasilkan kualitas gambar yang luar biasa. Ini memiliki rentang dinamis yang baik, dan gambar terlihat sangat tajam dan cenderung bebas noise bahkan pada level ISO yang lebih tinggi. Shutter speed maksimumnya sangat cepat dan sangat cocok untuk menangkap aksi cepat seperti misalnya pertandingan olahraga. Ini juga memiliki autofocus yang luar biasa, dengan tingkat keberhasilan pelacakan wajah yang mengesankan, sehingga dapat dengan cepat dan andal memastikan bahwa subjek yang bergerak tetap tajam.

Namun sayangnya kecepatan pemotretan biasa saja karena hanya dapat menangkap maksimal 8 frame per second dalam mode pemotretan kecepatan tinggi. Meskipun begitu, ini memiliki ukuran buffer yang besar dan waktu kosong buffer instan sehingga tidak akan memperlambat kamu jika kamu lebih suka memotret dalam mode burst. Secara keseluruhan, ini adalah pilihan bagus untuk fotografi olahraga dan alam liar.

Kamera DSLR Terbaik Untuk Vlogging: Canon EOS Rebel SL3

Canon EOS Rebel SL3
sumber: rtings.com

Kamera crop-sensor ini memiliki layar yang fully-articulated yang memungkinkan kamu untuk melihat monitor sendiri bahkan ketika kamera diarahkan ke kamu. Kamera ini juga relatif ringan dan kompak, membuatnya sedikit lebih mudah untuk dibawa-bawa daripada kebanyakan DSLR lainnya. Selain itu, sistem menu dari kamera ini juga sangat intuitif.

Autofocus kamera ini memberikan kinerja luar biasa dalam video FHD karena kamera ini mampu dengan mudah melacak wajah subjek saat merekam dalam resolusi ini. Kualitas video dalam FHD juga sangat tajam dan dirender dengan baik, meskipun noise yang cukup mungkin jelas jika kamu memotret di keadaan yang kurang cahaya. Ini juga memiliki jack mic, memungkinkan kamu untuk memasang mikrofon tambahan untuk meningkatkan kualitas audio dalam rekaman kamu.

Namun kinerja keseluruhannya menurun secara signifikan saat merekam dalam 4K, dengan kualitas video yang biasa saja, stabilisasi yang buruk, dan autofocus pelacakan wajah yang buruk. Perekaman dalam resolusi ini juga menghasilkan 1,54x crop yang signifikan. Tetapi ini adalah pilihan yang baik untuk vlogging FHD dengan desain yang relatif ringkas, berbagai macam port dan input, dan menu yang mudah digunakan, menjadikannya salah satu kamera DSLR terbaik untuk pemula.

Kamera DSLR Terbaik Untuk Video Studio: Canon EOS 90D

Canon EOS 90D
sumber: rtings.com

Kamera crop-sensor ini memberikan kualitas video yang bagus dalam resolusi 4K dan dapat merekam hingga 30 fps dalam resolusi ini tanpa crop. Kualitas video dalam FHD secara keseluruhan juga baik, dengan permukaan dan kontur objek yang dirender dengan tajam, dan beberapa noise mungkin ada di keadaan yang lebih gelap.

Autofocus kamera ini memberikan kinerja luar biasa dalam kedua resolusi, karena mampu melacak subjek yang bergerak dengan cepat, lancar, dan konsisten. Layar sentuh yang fully-articulated juga dapat digunakan untuk menavigasi menu yang sangat intuitif. Ini memiliki berbagai macam input dan output juga, dengan headphone dan jack mikrofon khusus serta output HDMI yang memungkinkan kamu untuk menggunakan perekam eksternal tanpa overlay. Meskipun kamu tidak dapat mengisi baterai kamera saat digunakan, tetapi masa pakai baterainya bagus, tergantung pada pilihan pengaturan dan pola penggunaan kamu.

Sayangnya kamera ini sendiri cukup berat dan besar, yang dapat menyulitkan untuk dibawa ke lokasi pemotretan yang berbeda atau untuk merekam tanpa menggunakan tripod untuk waktu yang lama. Jika kamu sedang mencari kamera DSLR serbaguna yang dapat menangani pekerjaan video studio dengan mudah, ini adalah pilihan yang baik.

Alternatif Kamera Full Frame Terbaik: Canon EOS 5D Mark IV

Canon EOS 5D Mark IV
sumber: rtings.com

Jika kamu ingin memiliki kamera full-frame, maka Canon EOS 5D Mark IV layak untuk kamu pertimbangkan. Meskipun tidak dapat merekam dalam 4K tanpa crop seperti Canon EOS 90D, kamera ini memiliki build yang lebih baik dan sedikit lebih baik dalam menangkap rekaman yang jelas dan bebas dari noise visual dalam 4K di keadaan yang lebih gelap. Meskipun autofocus-nya tidak sebaik seperti pada 90D, namun ini tetap memberikan kinerja yang luar biasa dalam hal ini. Bitrate maksimumnya dalam 4K juga menyediakan file video berkualitas sangat tinggi, yang sangat bagus untuk melakukan beberapa pengeditan mendalam pasca produksi. Kamu juga dapat membelinya dengan C Log gamma yang telah diinstal sebelumnya dengan biaya tambahan, yang memungkinkan kamu untuk mengambil gambar dengan rentang dinamis yang lebih luas dan warna yang komprehensif. Namun kamu tidak dapat melihat layarnya saat kamera diarahkan ke kamu.

Jika kamu mencari kamera yang lebih ringan yang dapat menangkap rekaman dalam 4K tanpa crop, kamu bisa mempertimbangkan 90D. Tetapi jika kamu ingin memiliki kamera yang dibuat lebih baik dengan sensor full-frame, maka 5D Mark IV adalah pilihan yang layak dipertimbangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *