Home » Kamera » 4 Kamera DSLR Terbaik untuk Pemula di 2021

4 Kamera DSLR Terbaik untuk Pemula di 2021

Jika kamu adalah seorang fotografer pemula yang ingin beralih ke kamera DSLR, dengan banyaknya jumlah pilihan kamera mungkin kesusahan untuk menentukan kamera yang mana. Mungkin kamu tertarik untuk melihat kamera yang dilengkapi dengan banyak fitur premium, atau mungkin lebih tertarik untuk memulai dengan model yang lebih terjangkau. Dengan begitu, kamu bisa membiasakan diri dengan bentuk, menu, dan pemilihan lensa sebelum mengeluarkan banyak uang.

Berikut ini rekomendasi pilihan kamera DSLR terbaik untuk pemula di 2021.

Kamera DSLR Terbaik Untuk Pemula: Canon EOS Rebel T8i

Canon EOS Rebel T8i
sumber: rtings.com

Kamera DSLR crop-sensor dari Canon ini memiliki bentuk yang relatif ringan dan desain yang ergonomis, sehingga nyaman digunakan untuk sesi pemotretan yang lama. Sistem menunya mudah dinavigasi dan dilengkapi mode panduan bawaan untuk menjelaskan beberapa fiturnya. Kamu dapat menavigasi antarmuka menggunakan layar sentuh yang besar, tajam, dan cukup terang untuk dilihat dengan jelas di bawah sinar matahari langsung.

Kualitas gambar yang dihasilkan sangat baik, dengan rentang dinamis yang relatif lebar dan kemampuan penanganan noise yang baik bahkan pada level ISO yang cukup tinggi. Dan ketajaman gambar sedikit menurun saat kamu meningkatkan ISO. Selain itu, sistem autofocus-nya juga bekerja dengan luar biasa dalam melacak subjek bergerak dalam fotografi dan video FHD. Secara keseluruhan, performa baterainya dapat menyediakan daya yang cukup untuk video lebih dari 100 menit, meskipun ini sangat bergantung pada kebiasaan penggunaan dan pilihan pengaturan kamu.

Meskipun kamera ini dapat merekam video 4K, kemampuannya dalam hal ini terbatas, karena kamu hanya dapat merekam pada 24 fps dengan 1,51x crop yang parah. Performa autofocus video dalam resolusi ini juga buruk dan kamu mungkin akan melihat tingkat guncangan kamera yang substansial dalam rekaman video kamu. Selain itu, kualitas video dalam FHD dan 4K agak noisy dan halus. Namun jika kamu sedang mencari DSLR yang mudah digunakan untuk memotret gambar, ini adalah pilihan yang tepat.

Kamera DSLR Terbaik Untuk Pemula Untuk Fotografi Travel: Nikon D5600

Nikon D5600
sumber: rtings.com

Kamera DSLR dengan crop-sensor ini memiliki konstruksi yang terasa kokoh, nyaman digunakan, dan tidak terlalu berat, sehingga tidak terlalu merepotkan untuk dibawa-bawa dalam waktu yang lama. Kamera ini juga bisa bertahan selama seharian dengan sekali charge tetapi tetap bergantung pada pilihan pengaturan dan kebiasaan penggunaan kamu.

Kamera ini juga menghasilkan kualitas gambar yang mengesankan, dengan rentang dinamis yang cukup luas serta tidak ada pengurangan ketajaman gambar yang signifikan pada level ISO yang lebih tinggi, yang cocok untuk memotret di malam hari atau di keadaan yang lebih gelap. Dilengkapi juga dengan layar sentuh yang cukup besar dan tajam. Kamu dapat menggunakannya untuk menavigasi menu yang sangat intuitif, yang juga memiliki mode panduan bawaan untuk menjelaskan beberapa fungsi kepada pengguna pemula.

Namun kamera ini memiliki kecepatan pemotretan lambat hanya lima frame per second, yang mungkin menyulitkan pengambilan foto subjek yang bergerak cepat dengan jelas. Ini juga sedikit besar bentuknya meskipun bahan plastiknya relatif ringan. Dengan kualitas gambar yang mengesankan, sistem menu yang mudah dinavigasi, dan ergonomis yang baik menjadikannya pilihan kamera yang bagus untuk fotografer pemula.

Alternatif yang Lebih Murah: Nikon D3500

Nikon D3500
sumber: rtings.com

Jika kamu ingin mengeluarkan uang lebih sedikit untuk DSLR fotografi travel, kamu bisa mempertimbangkan Nikon D3500. Kamera ini memiliki layar tetap dan non-touch-sensitive, tidak seperti layar sentuh Nikon D5600, yang dapat membuatnya lebih susah untuk memotret dari bawah pinggul atau di atas kepala kamu. Ini lebih murah dan memberikan kualitas gambar yang sama mengesankannya. Selain itu, menunya mudah dinavigasi, dengan mode panduan bawaan untuk menjelaskan beberapa fitur kamera ini. Bergantung pada kebiasaan penggunaan dan pilihan pengaturan kamu, kamera ini juga bisa bertahan selama sebagian besar sesi pemotretan yang lama dengan sekali charge. Kamera ini cukup nyaman untuk digunakan dan cukup ringan namun sayangnya kemampuan merekam videonya terbatas,

Kamu bisa memilih D5600 jika kamu menginginkan DSLR yang sedikit lebih nyaman digunakan dengan layar sentuh fully-articulated, tetapi jika kamu ingin menghemat uang tanpa mengorbankan kualitas gambar maka kamu bisa mempertimbangkan D3500.

Kamera DSLR Terbaik Untuk Pemula Untuk Video: Canon EOS Rebel SL3

Canon EOS Rebel SL3
sumber: rtings.com

Jika kamu ingin merekam video, kamera DSLR terbaik untuk pemula adalah Canon EOS Rebel SL3. Kamera Canon crop-sensor ini memberikan kualitas video FHD yang bagus, terutama di keadaan yang cukup terang. Sistem autofocus-nya juga bekerja dengan sangat baik untuk melacak subjek bergerak dalam FHD, bahkan saat mereka bergerak masuk dan keluar frame.

Kamera ini memiliki menu yang sangat intuitif sehingga kamu dapat dengan mudah menavigasi dengan kontrol fisiknya atau dengan layar sentuhnya yang tajam dan cerah. Bahkan ada mode panduan untuk menjelaskan beberapa fitur kamera ini. Selain itu, ini juga nyaman digunakan untuk waktu yang lama berkat pegangannya yang besar dan konstruksi yang relatif ringan dan ringkas. Dilengkapi dengan berbagai macam port dan input, untuk mikrofon khusus dan jack headphone serta HDMI untuk menggunakan perekam eksternal tanpa ada overlay yang menghalangi.

Namun kemampuan merekam video kamera ini lebih rendah dalam resolusi 4K. Ini hanya dapat merekam resolusi tersebut pada 24 fps dengan 1,54x crop yang parah di bidang pandang. Performa autofocus dan stabilisasi videonya cukup buruk dibandingkan ketika menggunakannya untuk merekam dalam FHD. Meskipun begitu, dengan ukuran kamera yang relatif ringkas, layar sentuh fully-articulated, dan kualitas video yang layak dalam FHD menjadikannya salah satu kamera DSLR terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *