Home » HP Samsung » Samsung Galaxy S21 vs Samsung Galaxy S20 FE: Mana yang Tepat untuk Kamu?

Samsung Galaxy S21 vs Samsung Galaxy S20 FE: Mana yang Tepat untuk Kamu?

Samsung Galaxy S21 vs Samsung Galaxy S20 FE
sumber: techradar.com

Penggemar ponsel Samsung mungkin perlu banyak pertimbangan dalam memilih mana yang lebih cocok antara Samsung Galaxy S21 dan Samsung Galaxy S20 FE. 

Meskipun kamu mungkin berasumsi bahwa Samsung Galaxy S21 adalah yang terbaik tetapi Samsung Galaxy S20 FE juga memberikan hal menarik dalam kisaran harganya. Lebih besar dari S21, akan menarik bagi siapa pun yang menyukai ponsel yang lebih besar, sedangkan Samsung Galaxy S21 memiliki kinerja lebih cepat.

Berikut adalah perbandingan antara Samsung Galaxy S21 dan Samsung Galaxy S20 FE dilihat dari aspek desain, tampilan, kamera, performa, spesifikasi, dan daya tahan baterai.

Desain

Samsung Galaxy S20 FE memiliki dimensi 159.8×74.5×8.4mm yang membuatnya lebih besar dari Samsung Galaxy S21 151.7×71,2×7.9mm. Dan itu seharusnya juga sedikit lebih berat dengan tambahan berat 19g.

Tampilan Belakang Samsung Galaxy S21
sumber: techradar.com

Tidak ada tepi melengkung pada layar di kedua ponsel ini. Dan keduanya juga menggunakan material Glasstic dari Samsung, yang berada di antara plastik dan kaca. Ini lebih unggul dari plastik biasa, tetapi tidak sebagus kaca.

Samsung Galaxy S21 memiliki kelebihan dibandingkan Samsung Galaxy S20 FE pada penataan susunan kameranya, yang oleh Samsung disebut sebagai Contour Cut Camera yang terasa lebih ramping daripada cara konvensional yang digunakan Samsung Galaxy S20 FE.

Tampilan

Kedua ponsel ini menggunakan resolusi yang sama 2400×1080 dan refresh rate 120Hz yang sama. Perbedaan yang paling mencolok di antara keduanya terletak pada ukuran layar. Samsung Galaxy S20 FE memiliki layar lebih besar dengan 6,5 inci dibandingkan dengan layar 6,2 inci Samsung Galaxy S21.

Tampilan Samsung Galaxy S21
sumber: techradar.com

Keduanya juga menawarkan tipe layar AMOLED dengan Galaxy S21 yang menyediakan panel ‘dinamis’ yang memungkinkan refresh rate yang bisa beralih antara 48 hingga 120Hz sesuai kebutuhan.

Samsung Galaxy S21 akan terasa lebih nyaman digenggam dengan satu tangan, tetapi konten media layar lebar akan terlihat lebih baik pada layar Samsung Galaxy S20 FE yang lebih besar.

Kamera

Sekilas kamera Samsung Galaxy S21 dan Samsung Galaxy S20 FE tampak sangat mirip. Keduanya memiliki sensor utama 12MP dan ultra-wide. Hal yang berbeda adalah dalam hal lensa telefoto. Samsung Galaxy S21 menggunakan sensor 64MP dan 1.1x optical zoom, sedangkan Samsung Galaxy S20 FE memiliki sensor 8MP tetapi 3x optical zoom. Untuk kamera selfie, Samsung Galaxy S21 hanya memiliki kamera 10MP sedangkan Samsung Galaxy S20 FE memiliki kamera 32MP.

Kamera Belakang Samsung Galaxy S21
sumber: techradar.com

Kedua ponsel ini juga menawarkan mode kamera ekstensif yang berguna. Ini termasuk mode fotografi Single Take di mana kamu cukup mengarahkan ponsel ke subjek, merekam video pendek 5 hingga 15 detik, menggeser adegan, dan ponsel akan menemukan gambar dan rekaman video terbaik untuk kamu. Mode lainnya yaitu Panorama, Night, Live Focus, Live Focus Video, dan dua mode slow-mo.

Dalam hal perekaman video, Samsung Galaxy S21 adalah yang terbaik dari keduanya karena dapat merekam 8K pada 24 frame per second. Kedua ponsel juga menawarkan 4K pada 30 dan 60 frame per second bersama dengan Full HD pada 30 dan 60 frame per second.

Spesifikasi dan Performa

Samsung Galaxy S21 menggunakan chipset terbaru dibandingkan Samsung Galaxy S20 FE. Ini menggunakan chipset Exynos 2100 dibandingkan dengan chipset Exynos 990 milik Samsung Galaxy S20 FE.

Meskipun chipset di Samsung Galaxy S20 FE masih cukup cepat, namun belum mampu menyaingi performa Samsung Galaxy S21. Samsung Galaxy S21 dan Samsung Galaxy S20 FE menawarkan RAM 8GB dan penyimpanan 128GB atau 256GB, tetapi hanya S20 FE yang memiliki slot microSD.

Selain itu, keduanya juga menawarkan konektivitas 5G sehingga kamu dapat menggunakan kecepatan koneksi yang lebih cepat jika kamu berada di salah satu area yang menawarkan kecepatan 5G.

Daya Tahan Baterai

Dari segi spesifikasi, Samsung Galaxy S20 FE memiliki baterai 4.500mAh sedangkan Samsung Galaxy S21 menawarkan baterai 4.000mAh. Keduanya hampir bisa digunakan selama seharian dan ada beberapa mode hemat daya yang berbeda.

Kedua ponsel ini kompatibel dengan Qi wireless charging dan menawarkan fast charging melalui charger USB-C 25W, tetapi untuk Samsung Galaxy S21 tidak dilengkapi dengan charger bersamanya.

Kesimpulan

Ponsel yang lebih baik antara Samsung Galaxy S21 atau Samsung S20 FE sebagian besar bergantung pada apa yang kamu butuhkan.

Dalam hal kinerja, Samsung Galaxy S21 merupakan ponsel yang lebih baik karena lebih cepat dan dengan mudah menjalankan banyak pekerjaan sekaligus. Namun, itu memiliki penyimpanan terbatas dan menawarkan layar yang lebih kecil daripada Samsung Galaxy S20 FE.

S21 akan lebih nyaman untuk dipegang karena memiliki ukuran yang lebih kecil, tetapi jika kamu menginginkan pengalaman tipe layar yang lebih lebar saat streaming konten media, Samsung Galaxy S20 FE adalah pilihan terbaik.

Pengguna berat atau gamer mungkin akan membutuhkan kinerja dari Samsung Galaxy S21 tetapi jika kamu hanya menginginkan kamera yang bagus dan layar yang bagus maka Samsung Galaxy S20 FE adalah pilihan terbaik untuk kamu, dan harganya juga lebih murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *